BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

header-ad

Ketua Kwarran Binawidya Lantik Mabigus dan Pengurus Gudep 08-043 dan 08-044 SMP An-Namiroh

Ketua Kwarran Binawidya Irwan Yuliadi S.IP MM melantik Majelis Pembimbing Gugus Depan dan Pengurus Gugus Depan 08-043 dan 08-044 pangkalan SMP An-Namiroh Pekanbaru masa bakti 2024-2026 di halaman SMP An-Namiroh pada Rabu, 4/9/2024



Kwardariau.or.id, Pekanbaru - Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Binawidya Kota Pekanbaru Irwan Yuliadi S.IP MM melantik Majelis Pembimbing Gugus Depan dan Pengurus Gugus Depan 08-043 dan 08-044 pangkalan SMP An-Namiroh Pekanbaru masa bakti 2024-2026 bertempat di halaman SMP An-Namiroh, Rabu, 4/9/2024.


Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Kwarran Binawidya nomor 13 dan 14 tahun 2024.



Dalam suasana sejuk, pelantikan diawali dengan pembacaan SK oleh Sekretaris Kwarran Jubahrudin kemudian dilanjutkan tanya jawab pelantikan, pengucapan Tri Satya, penyematan tanda jabatan, pembacaan ikrar dan penandatanganan berita acara dan ikrar pelantikan.


Ketua Kwarran Binawidya Irwan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan tahniah atas pelantikan Mabigus dan Pengurus Gudep.


"Selaku Ketua Kwarran saya mengucapkan selamat dan tahniah atas pelantikan Mabigus dan Pengurus Gudep 08-043 dan 08-044" kata Irwan.

Pemasangan tanda jabatan kepada Ketua Mabigus


"Gudep 08-043 dan 08-044 merupakan kekuatan baru di Kwarran Binawidya, baru-baru ini sudah melahirkan 16 orang Pramuka Penggalang Garuda" tambahnya.


Ia berpesan kepada para Pembina agar terus melakukan pembinaan kepada peserta didik dalam rangka pelaksanaan pendidikan kepramukaan di Gugus Depan sehingga tercapainya kurikulum kepramukaan yakni Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK) dan Syarat Pramuka Garuda (SPG).


Apalagi kata Irwan, adik-adik ini akan menjadi generasi emas di tahun 2045 dan tujuan akhirnya adalah bahagia di dunia dan bahagia akhirat.

Penandatanganan berita acara pelantikan dan ikrar


Selain itu ia juga menyampaikan agar mengikutsertakan anggota Pramuka pada berbagai kegiatan kepramukaan lainnya agar pengalaman peserta didik bertambah. Ia menginformasikan dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan Perkemahan Akbar Penggalang se-Sumatera (Pegatra) yang diadakan oleh Pesantren Teknologi Riau pada bulan Oktober 2024 dan kegiatan Jambore Nasional Malaysia bulan Desember di Selangor, Malaysia.


Ia juga menginformasikan banyak manfaat yang didapatkan ketika mengikuti Pramuka. Selain membentuk karakter dan memiliki keterampilan dengan mengikuti pendidikan kepramukaan, anggota Pramuka bisa masuk ke SMA/SMK melalui jalur prestasi yakni Pramuka Garuda dan Lomba Tingkat IV. Anggota Pramuka juga bisa kuliah di Universitas Lancang Kuning dengan memperoleh beasiswa selama 8 semester melalui jalur prestasi Pramuka.



"Jenjang pendidikan dan kompetensi Pembina juga perlu ditingkatkan. Bagi Pembina yang belum mengikuti KMD agar segera mengikuti KMD. Mudah-mudahan SMP An-Namiroh dapat melaksanakan KMD mandiri" jelas Irwan yang juga Sekretaris Pusdiklatcab Kota Pekanbaru ini.


"Pencapaian itu semua tidak terlepas dari bantuan moril dan materil dari Ketua Mabigus. Oleh karenanya peran Kamabigus menentukan jalan atau tidaknya pendidikan kepramukaan di Gugus Depan" terangnya.


Lebih lanjut Irwan mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Ketua Mabigus Syahrizul, MH,Adv terkait kebijakan dalam mewajibkan seluruh siswa mengikuti ekstrakurikuler Pramuka karena beliau menganggap begitu pentingnya pendidikan kepramukaan bagi generasi muda saat ini.



"Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Mabigus dan Pengurus Gudep 08-043 dan 08-044. Semoga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya" tutup Irwan.


Sebagaimana diketahui, dalam sambutannya Ketua Mabigus 08-043 dan 08-044 Syahrizul menyampaikan bahwa selaku Kepala Sekolah, beliau telah mewajibkan kepada seluruh siswa untuk mengikuti ekstrakulikuler Pramuka.


Ia mengungkapkan bahwa di pendidikan kepramukaan itu ada semua baik spiritual, emosional, sosial, fisik dan intelektualnya.



"Melalui pendidikan kepramukaan, anak-anak dididik menjadi orang yang bermanfaat dan membantu sesama" kata Syahrizul.


Ia mengucapkan terimakasih kepada Ketua Kwarran yang telah melantik Mabigus dan Pengurus Gudep SMP An-Namiroh dan Pengurus Kwarran yang hadir pada acara tersebut.



Hadir pada acara pelantikan Ketua Harian Mabiran Binawidya M Kasir SPd, Wakil Ketua Kwarran urusan organisasi, hukum dan bela negara Mastomi SH, Sekretaris Kwarran Jubahrudin, para Majelis Guru dan siswa SMP SMA An-Namiroh Pekanbaru.


Penulis : Febriko 

« PREV
NEXT »