BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Bimtek Asesor Akreditasi Gudep resmi di Buka, Gugusdepan merupakan Ujung Tombak Pembinaan dan Pengembangan Gerakan Pramuka.

 


Kwardariau.or.id,  Pekanbaru - Ketua Kwartir Daerah Riau H. Kasiarudin, S.H membuka  secar resmi kegiatan Bimbingan Teknis Asesor Akreditas Gugusdepan se-Daerah Riau Kamis (12/9/2024) malam di ballroom Angkasa Garden Hotel. Pembukaan bimtek turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Binawasa H. Mahadar, Sekretaris Kwarda Indra Irianto, S.H, serta Andalan Daerah Riau. 


Laporan Ketua Panitia Kak Dr Hj Desrir Miftah SE MM Ak CA menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 s.d. 15 September 2024 di Hotel Angkasa Garden Jalan Setia Budi Pekanbaru. Diikuti  masing-masing peserta utusan Kwartir Cabang se-Daerah Riau dan utusan Kwartir Daerah yang telah memiliki Ijazah KPD dan juga mempunyai Gugusdepan yang berpangkalan diwilayah tempat tinggalnya masing-masing.



“tujuan kegiatan ini Meningkatkan mutu Asesor Akreditasi Gugusdepan di Kwartir Daerah Riau, menjadikan media saling tukar menukar informasi dan pengalaman, memperkaya khasanah pembinaan peserta didik, sasarannya tercapainya peningkatan kemampuan Asesor Akreditasi Gugusdepan di Kwartir Daerah Riau, terciptanya keselarasan pembinaan Pramuka di wilayah Kwartir Daerah Riau”.


Ketua Kwarda Riau menyampaikan sambutan pembukaan Bimtek Asesor, Gerakan Pramuka telah diakui pemerintah melalui Undang-Undang No. 12 Tahun 2010 membawa tantangan tersendiri bagi organisasi ini. Sebagai sebuah organisasi yang telah berdiri di Indonesia lebih dari 60 tahun yang lalu, kita dituntut agar Gerakan Pramuka tetap bertumpu pada tujuannya yaitu membentuk watak dan karakter kaum muda yang mandiri, penuh kreatifitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.



“Salah satu tumpuan terdepan Gerakan Pramuka adalah satuan Gugusdepan yang merupakan “ujung tombak” pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka, dimana dasar dan seluruh elemen pola pembinaan Pramuka diterapkan di Gugusdepan baik untuk kaum muda untuk wadah pembinaannya dan anggota dewasa untuk pengabdiannya”. Sebutnya.


Agar pola pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka berjalan dengan baik, teratur dan terarah maka mutu dan kualitas Gugusdepan haruslah baik, sesuai dengan standar dan kompetensi yang berlaku yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional.



“oleh karena itu, akreditasi gugusdepan merupakan proses seluruh kegiatan evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen gugusdepan terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan yang dilakukan oleh Tim Asesor yang ditugaskan oleh kwartir, harus dilaksanakan oleh Kwartir agar proses pembinaan dan pengembangan pendidikan Kepramukaan terus berjalan”. Pintanya.


Dan saya berharap kepada segenap Kwartir Cabang tentunya telah melaksanakan tugasnya melakukan penilaian terhadap Gugusdepan-gugusdepan yang ada di wilayah kakak, sehingga gudep yang menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan sesuai standar dan kompetensi dan dapat dipercaya oleh masyarakat. 



"Semoga Allah Subhana Wata'ala meridhoi upaya dan langkah kita semua untuk mewujudkan Akreditasi Menuju Gugusdepan yang Unggul. Selamat mengikuti Bimtek Asesor Akreditasi Gugusdepan”. Sebutnya.


Disamping itu juga Wakil Ketua Kwarda Riau Bidang Binawasa H. Mahadar disela beliau menyampaikan materi kepada Kakak-kakak peserta yang telah mengikuti Bimtek Asesor Akreditasi Gudep ini kedepannya dapat mengikuti TOT supaya hasilnya Kakak-Kakak nanti dapat menjadi Asesor penilai di Gugusdepan. Sebutnya. Ajis

NEXT »