BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

header-ad

Ketua Kwarda Riau Buka KML Penegak di Pelalawan

 


Kwardariau.or.id, Pelalawan - Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Kwartir Daerah Riau resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah Riau Kak H Kasiarudin SH di Balai Seminai, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Ahad (25/8/2024) malam. Kegiatan yang berlangsung hingga 31 Agustus 2024 di Bumi Perkemahan GOR Tengku Pangeran, Desa Rantau Baru Kecamatan Pangkalan Kerinci tersebut diikuti 32 peserta. 


"Kita bersyukur kakak kakak kita berada di jalur nonformal tidak semua orang punya minat atau keinginan barangkali diberi petunjuk oleh yang maha kuasa sehingga berani jalan kita patut bersyukur, " kata Kasiarudin.


Ketua Kwarda Riau itu mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten dalam hal ini kepada Bapak Bupati H Zukri dan juga Ketua Kwarcab Pelalawan.



"Kita berterimakasih kepada pemerintah kabupaten Pelalawan. Pelalawan pengirim peserta terbanyak yakni sebanyak 17 orang," ucapnya sembari membuka kegiatan. 


Ketua Panitia Kak Juliaris dalam laporannya menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik yang sanggup bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.


"Tujuan dilaksanakan KML ini adalah untuk menjadikan pembina Pramuka yang handal dalam membina peserta didik di gugus depan," kata Juliaris.



Ia menerangkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 25 sampai dengan 31 Agustus 2024 di Bumi Perkemahan GOR Tengku Pangeran, Desa Rantau Baru Kecamatan pangkalan kerinci Kabupaten Pelalawan.


"Peserta KML ini Kwartir Daerah Riau ini diikuti 32 orang peserta yang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 4 orang perempuan utusan Kwarcab se-Daerah Riau," terang Juliaris.


"Terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan dan Kwarcab Pelalawan yang telah berkenan mendukung kegiatan dan menyediakan tempat untuk pelaksanaan KML ini. Terimakasih kepada kakak kakak seluruh peserta dan semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana," ucapnya. 



Sementara itu, Ketua Kwarcab Pelalawan Kak H Syafrizal SE dalam sambutannya menyampaikan semoga kakak kakak bisa mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir.


Ia mengucapkan terimakasih kepada Kakak Kakak Pembina yang mau memberikan ilmunya dan meluangkan waktunya serta mendistribusikan ilmunya kepada kakak kakak kita yang melaksanakan KML.


"Pelalawan di Agustus banyak melakukan kegiatan perkemahan dalam rangka hari Pramuka hampir di semua kecamatan di Pelalawan melaksanakan kegiatan dalam rangka Hari Pramuka," kata Syafrizal.


Ia juga menyampaikan bahwa dua hari lalu pihaknya melaksanakan perkemahan Pramuka untuk disabilitas. Kegiatan dilaksanakan di tiga rayon yakni rayon Siak, Meranti dan Pelalawan.



"Kemudian di tahun ini Pelalawan melakukan penggalangan dana terhadap musibah tanah longsor di Sumatera Barat masing-masing Kwarran melaksanakan itu. Sebelum 17 Agustus kami mengantarkan dan menyerahkan bantuan dari seluruh Kwarran langsung kepada Bupati Tanah Datar, " terangnya.


"Kami sebagai Kwarcab menerima sekali masukan yang diberikan Kwarda kepada Kwarcab Pelalawan," kata Ketua Kwarcab Pelalawan ini sembari berharap peserta KML  senang di Pelalawan.


Hadir pada kegiatan pembukaan KML tersebut Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarda Riau Kak H Mahadar SPd MM, Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarcab Pelalawan Kak Erwan B SPd, Andalan Daerah, Andalan Cabang Kwarcab Pelalawan, Para Pelatih Pusdiklatda Riau, Pelatih Pusdiklatcab Pelalawan, Panitia KML Kwarda Riau dan Peserta KML Golongan Penegak Kwarda Riau.


Sebelum pembukaan KML telah dilaksanakan registrasi peserta, test awal/free test, orientasi kursus dan dinamika kelompok.


Pewarta : Rasid Ahmad

Editor   : Sri Lestari

« PREV
NEXT »