BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

header-ad

Dari Perkemahan Cikal Beringin Kerumutan, Menuju Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI

 



Kwardariau.or.id, Kerumutan - Kwartir Ranting (Kwarran) Kerumutan melaksanakan Perkemahan, 12-14 Agustus 2024. Kegiatan yang dipusatkan di  Bumi Perkemahan Cikal Beringin di Desa Beringin Makmur ini diikuti ratusan siswa dari sekolah di Kecamatan Kerumutan. 


Acara ini juga dihadiri pembina, pendamping, serta Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan selaku Kamabiran, Leo Nardo SPd MM. 


Kamabiran, dalam pidatonya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin setiap tahunnya. Perkemahan yang diikuti ratusan peserta dari SD, SMP, MTs, dan SMA seluruh Kecamatan Kerumutan ini diadakan dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-63 dengan tema "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI".



Ketua  Kwarran, Ahmad Ikrom SPd dalam sambutannya mengajak seluruh peserta untuk menganggap perkemahan sebagai momen awal perjalanan menuju kesuksesan, kebaikan, dan perubahan positif dalam diri, komunitas, serta bangsa. Ia juga berharap agar perkemahan ini dapat membantu memperkuat keterampilan pramuka, mengembangkan karakter, kepemimpinan, serta kesadaran peserta didik akan pentingnya pelestarian alam dan keberlanjutan lingkungan.


"Terdapat 28 lomba dalam rangkaian acara yang menguji keterampilan dan kerja sama antar regu-regu. Penegak kepemimpinan, kerja sama, penghargaan kreatifitas, keterampilan pramuka, sikap dan etika, penghargaan keberanian, dan partisipasi aktif menjadi kriteria penilaian," jelasnya. 


Lanjutnya, pelaksanaan perkemahan ini dianggap penting karena dapat memperkuat persaudaraan antar anggota pramuka dan membantu peserta didik memahami pentingnya berinteraksi dengan lingkungan dan dengan orang-orang di sekitar mereka di era digitalisasi seperti sekarang.


Menurut Kak Leo selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, perkemahan ini merupakan acara yang sangat berharga bagi para peserta didik. Diharapkan bahwa seluruh peserta dapat mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam menapaki kehidupan kepramukaan mereka. 


"Dalam rangka membangun bangsa yang bermartabat, berintegritas, serta sejalan dengan Pancasila dan semboyan "Kerja dan Bakti" pramuka, marilah kita bersama-sama mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dan mampu menghadapi tantangan masa depan dengan optimisme dan keberanian," ajaknya.


Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Perkemahan Kwarran 04.11.10 Kerumutan.  "Semoga dengan adanya acara ini, semangat berkepramukaan dapat terus ditanamkan di dalam diri setiap peserta untuk berkembang menjadi anggota masyarakat yang berperan serta dalam menjaga keberlangsungan NKRI," tutup Kak Leo.


Penulis: Ikhwan Nur Rahman

Editor: Sri Lestari

« PREV
NEXT »